Gus Baha: Hidup itu Sederhana, Sujud dan Dekatkan diri ke Allah, Titik!

- Senin, 21 Maret 2022 | 15:13 WIB
Gus Baha jelaskan makna hidup yang sederhana, sujud dan dekatkan diri pada Allah
Gus Baha jelaskan makna hidup yang sederhana, sujud dan dekatkan diri pada Allah

Portal Banyuwangi - Hidup di dunia menurut Gus Baha sebenarnya sederhana, kita diperintahkan sujud dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Yang dicari dari hidup kata Gus Baha, tentunya adalah kebahagiaan. Akan tetapi jika cara mencarinya salah justru kemalangan yang didapat.

“Padahal kunci hidup bahagia itu sangatlah mudah dan sederhana, ikuti perintah Allah untuk bersujud  dan mendekatkan diri kepada-Nya. Titik.  Jadi sederhana sekali, dan jika sudah tahu caranya tinggal praktekkan saja,” tutur Gus Baha sebagaimana dilansir Portal Banyuwangi dari kanal Youtube Ngajionline, Senin 21 Maret 2022.

Makanya ketika sedang sujud, lanjut Gus Baha, seharusnya aktivitas itu dinikmati. Sholat itu seperti orang mau pamit dari dunia fana ini dan itu sebagai persiapan terakhir anda.

Baca Juga: Memaknai Shalawat Nabi, Gus Baha: Bukti Cinta Pada Rasul Sekaligus Penghambaan kepada Allah

Oleh karena itu ibadah solat fardhu harus dikukuhkan secara benar. Kalau tidak ada kesalahan secara krusial, maka bisa diperbaiki dengan sholatt sunah bakdiyah. “Tapi kalau solat fardunya, kesalahannya krusial, maka sebaiknya diulangi,” ujarnya.

Gus Baha menganalogikan substansi dari sujud atau sholat dengan kebutuhan utama dalam hidup. Ketika orang butuh makan, maka sebenarnya yang lebih dibutuhkan adalah oksigen. Orang tidak makan berhari-hari masih bisa bernafas, tapi kalau tidak dapat oksigen, maka akan mati. ‘

Jadi, yang lebih penting itu sebenarnya oksigen ketimbang nasi. Namun, karena terjadi kebiasaan. Orang menyebut nasi atau makan jadi penting.

Baca Juga: 8 Butir Pemikiran Penting KH Hasyim Asyari, Pendiri dan Pencetus Resolusi Jihad NU

Halaman:

Editor: Muhamad Nurcholis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X