Wow! Inilah Ramalan Watak Kelahiran Sabtu Kliwon, Dipercaya Sebagai Lakune Bumi, Simak Penjelasannya

- Jumat, 1 Juli 2022 | 08:30 WIB
 Inilah Ramalan Watak Kelahiran Sabtu Kliwon, Dipercaya Sebagai Lakune Bumi, Simak Penjelasannya (ilustrasi bumi/Pixabay)
Inilah Ramalan Watak Kelahiran Sabtu Kliwon, Dipercaya Sebagai Lakune Bumi, Simak Penjelasannya (ilustrasi bumi/Pixabay)

Portal Banyuwangi - Siapa yang tidak mengetahui hitungan weton? Khususnya bagi masyarakat Jawa, hitungan weton merupakan salah satu sistem perhitungan dalam penanggalan Jawa.

Artikel kali ini akan membahas tentang ramalan watak kelahiran Sabtu Kliwon. Yuk, simak sampai akhir artikel ya!

Masyarakat Jawa yang masih kental akan budaya peninggalan leluhurnya, membuat orang-orang Jawa hingga kini masih mempercayai sistem penanggalan kuno.

Dalam sistem penanggalan Jawa, weton tidak hanya digunakan sebagai penanda hari lahir seseorang saja. Weton juga dapat menggambarkan sebuah sifat, karakter, rezeki, bahkan kelemahan dari seseorang.

Baca Juga: Ramalan Jodoh: Langgeng dan Bahagia, Jenis Weton yang Cocok untuk Weton Sabtu Pahing Berdasarkan Primbon Jawa


Jumlah dan jenis weton ada macam-macam. Salah satu weton yang terdapat di dalam penanggalan Jawa adalah Sabtu Kliwon. Weton ini memiliki jumlah neptu 17, neptu tersebut diketahui dari hasil penjumlahan Sabtu (9) dan Kliwon (8).

Jika kalian ingin menghitung jumlah weton lainnya, di bawah ini adalah daftar hari lengkap dengan jumlah neptu dan pacarannya.

Hari dan Neptu

Minggu - 5
Senin - 4
Selasa - 3
Rabu - 7
Kamis - 8
Jumat - 6
Sabtu - 9

Baca Juga: Sedikit Rumit dan Mudah Curiga, Kalian Harus Kenal Watak dan Karakter Weton Sabtu Pon Menurut Primbon Jawa


Pasaran dan Neptu

Legi - 5
Pahing - 9
Pon - 7
Wage - 4
Kliwon - 8

Cara menghitung weton sangatlah mudah, namun tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Caranya adalah neptu hari + neptu pasaran. Misal, Sabtu (9) + Kliwon (8) = 17. Jadi, Sabtu Kliwon memiliki jumlah neptu 17.

Baca Juga: Bisa Melengkapi Satu Sama Lain, Ramalan 4 Weton yang Pas untuk Minggu Legi Dalam Primbon Jawa

Selanjutnya pembahasan mengenai ramalan watak kelahiran Sabtu Kliwon menurut primbon Jawa digambarkan memiliki sifat seperti lakune bumi.

Lakune Bumi memiliki arti sifat yang seperti bumi. Maksudnya, seseorang yang sifatnya suka memberi tanpa meminta imbalan.

Layaknya bumi yang terus memberi kehidupan pada manusia tanpa meminta timbal balik.

Orang dengan kelahiran Sabtu Kliwon digambarkan sebagai orang yang suka mengalah, rendah hati, lapang dada, sabar, dan dapat membimbing sesamanya.

Baca Juga: Seorang Berjiwa Pancasuda Sumur Sinaba, Weton Rabu Wage Neptu 11, Ramalan Primbon Jawa,


Sifat menakjubkan dari seseorang yang lahir di Sabtu Kliwon adalah seseorang ini memiliki kepribadian yang santun, lemah lembut, serta tidak tegaan dengan orang-orang terdekatnya seperti saudara dan teman-temannya.

Jika terdapat teman atau saudaranya yang kesusahan, orang dengan watak Sabtu Kliwon ini tidak akan segan-segan menolong dan memberi bantuan. Bahkan ia dapat dengan sukarela memberikan segala sesuatu yang dimilikinya.

Namun, dibalik kepribadiannya yang baik dan mulia, weton Sabtu Kliwon juga memiliki kepribadian buruk yang cukup berbahaya.

Menurut ramalan primbon Jawa, sifat buruk yang dimiliki oleh weton Sabtu Kliwon antara lain, angkuh, tidak suka diperintah apalagi dengan semena-mena, 

Baca Juga: Hindari Hari Apes Wuku Warigagung dan Nasib Rejeki Weton Minggu Legi, Ramalan Primbon Jawa

Suka membantah argumen yang tidak sepemikirannya, jika ada yang mengecewakan akan diingat sampai kapanpun, apabila marah akan melupakannya secara berlebihan, pendendam, mudah terkecoh dan mudah dipengaruhi, serta mudah putus asa dan menyerah dengan keadaan.

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat Karepesina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X