16 Hewan Mitologi Jawa, Ternyata Nomor 12 Masih Ada Hingga Sekarang, Apakah Wajib Dibunuh?

- Kamis, 7 Juli 2022 | 08:00 WIB
16 Hewan Mitologi Jawa, Nomor 12 Masih Ada Hingga Sekarang, Wajib Dibunuh? (Ilustrasi hewan mitologi/pixabay/SarahRichterArt)
16 Hewan Mitologi Jawa, Nomor 12 Masih Ada Hingga Sekarang, Wajib Dibunuh? (Ilustrasi hewan mitologi/pixabay/SarahRichterArt)

 

Portal Banyuwangi - Pulau Jawa sebelum dijamah manusia banyak dihuni oleh makhluk gaib berupa jin, dan dirumorkan pernah dihuni oleh hewan mitologi Jawa.

Dipercaya hewan mitologi Jawa juga memiliki wujud yang beragam, ada yang berwujud abstrak, berwujud manusia dan berwujud hewan.

berawal dari makhluk gaib yang berwujud hewan kadang tampak oleh manusia kemudian menjadi hewan mitologi Jawa yang diceritakan dari mulut
ke mulut turun temurun.

Selain itu hewan mitologi Jawa juga bisa berasal dari hewan yang disakralkan atau hewan fiksi yang dibuat sebagai lambang suatu daerah.

 

Baca Juga: Fakta Dewa Zeus dalam Mitologi Yunani, Dikenal Memiliki Banyak Kekasih. Apakah Playboy?

Nah, Berikut ini adalah daftar 16 hewan mitologi Jawa yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Sancaka

Sancaka adalah hewan mitologi Jawa berwujud ular sanca yang merupakan jelmaan Ratu Ular berkekuatan sakti mampu melindungi diri sendiri dan bertahan di setiap keadaan.

2. Sang Hyang Antaboga

Sang Hyang Antaboga atau Naga Antaboga adalah hewan mitologi penunggu Gunung Merapi yang memiliki wujud seperti ular besar atau naga, bersisik warna emas berkilauan dengan mahkota di kepalanya.

 

Baca Juga: Makna Simbol di Trailer Film Pengabdi Setan 2 dalam Mitologi Yunani

 

3. Kyai Slamet

Kyai Slamet adalah kerbau albino atau kebo bule yang dipelihara hingga beranak pinak dan dianggap keramat oleh Keraton Kasunanan Surakarta serta masyarakat di sekitarnya karena menjadi hewan kesayangan Paku Buwono II.

4. Kyai Dwipangga

Kyai Dwipangga adalah nama gajah yang berasal dari Thailand milik Sultan Agung Kerajaan Mataram, gajah tersebut mati karena terseret banjir saat dimandikan di sungai oleh salah satu abdi Kerajaan Mataram bernama Ki Kerti, kemudian sungai tersebut diberi nama Sungai Gajah Wong.


Baca Juga: Nama Tempat dan Nama Tokoh Dalam Mitologi Nordik

5. Harimau Prabu Siliwangi

Masyarakat Sunda meyakini bahwa Raja Pajajaran yaitu Prabu Siliwangi memiliki 2 hewan mitologi yaitu Maung Lodaya yang berwujud macan hitam dan Maung Bodas yang berwujud macan putih.

6. Turangga Seta

Turangga Seta adalah hewan mitologi berwujud kuda putih yang mampu berlari sangat kencang dan digunakan sebagai tunggangan atau kendaraan raja - raja Jawa.

 

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat Karepesina

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X