8 Makhluk dalam Mitologi Arab, Mulai dari Jin Ifrit hingga Falak

- Kamis, 7 Juli 2022 | 00:15 WIB
8 Makhluk dalam Mitologi Arab, Mulai dari Jin Ifrit hingga Falak  (Tangkapan layar YouTube Feera Mohamad)
8 Makhluk dalam Mitologi Arab, Mulai dari Jin Ifrit hingga Falak (Tangkapan layar YouTube Feera Mohamad)


Portal BanyuwangiMitologi Arab muncul pada zaman Pra Islam. Pada saat itu agama-agama di Dataran Arab masih berdasarkan pada kepercayaan atau mitos yang ada di sana.

Seperti Yunani yang terkenal dengan banyak mitologi, Arab juga demikian. Banyak makhluk yang disebut dalam Mitologi Arab. Dan bangsa Arab meyakini adanya makhluk-makhluk ini sebelum mereka percaya pada ajaran paganisme, ada jin Ifrit hingga falak.

Apa saja makhluk yang termasuk dalam Mitologi Arab? Ada setidaknya 8 makhluk yang disebut dalam Mitologi Arab, mulai jin Ifrit hingga falak.

Berikut ulasan mengenai 8 makhluk dalam Mitologi Arab dari jin Ifrit hingga falak yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Fakta Dewa Zeus dalam Mitologi Yunani, Dikenal Memiliki Banyak Kekasih. Apakah Playboy?


1. Jin Ifrit

Makhluk Mitologi Arab ini muncul dalam kisah Nabi Sulaiman. Sosok ini dikenal sebagai pemimpin para jin.

Digambarkan dengan ciri-ciri bertubuh tinggi besar dan berpakaian seperti raja. Beberapa pendapat menyebutnya sebagai suatu ras/klan bangsa jin.

Dalam beberapa sumber disebutkan Ifrit hidup dalam masyarakat yang terstruktur di sepanjang garis suku Arab kuno, lengkap dengan raja-raja, suku, dan klan seperti manusia.

2. Marid

Marid sering digambarkan sebagai jenis yang paling kuat dari jin, yang memiliki kekuatan besar, kehendak bebas dan belum bisa dipaksa melakukan tugas serta paling sombong.

Marid memiliki kemampuan memberikan harapan kepada manusia, tetapi biasanya membutuhkan pertempuran, ritual, atau penyembahan yang disertai tumbal.

Baca Juga: Makna Simbol di Trailer Film Pengabdi Setan 2 dalam Mitologi Yunani


3. Bahamut

Dalam Mitolgi Arab, bahamut digambarkan sebagai ikan besar yang menjaga bumi. Kepalanya merupakan gabungan dari gajah dan badak serta dilengkapi taring yang mencuat.

Dalam beberapa sumber, kepalanya disebutkan seperti kepala kuda nil atau gajah.

4. Ghoul

Awalnya, ghoul dianggap sebagai bangsa jin. Namun anggapan ini berubah. Makhluk ini lebih dikenal sebagai sejenis vampir, yang hidup di padang pasir, sering mengembara, mempunyai kebiasaan membongkar makam dan memakan mayatnya.

Ghoul diyakini sebagai bapak iblis. Dari sumber lain, disebutkan Ghoul berbentuk seperti raksasa.

Baca Juga: Nama Tempat dan Nama Tokoh Dalam Mitologi Nordik

5. Nasnas

Dalam mitologi Arab, nasnas digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berbadan besar dan hanya menyerupai setengah dari tubuh manusia, seperti yang disebutkan Edward Lane, penerjemah abad ke-19 dari The Arabian Nights.

Bahwa bentuk nasnas adalah setengah manusia yakni memiliki setengah kepala, setengah tubuh, satu tangan, satu kaki, namun sering melompat dengan lincahnya.

Dengan kata lain, nasnas adalah manusia raksasa yang terbelah dua secara vertikal yang memiliki kecepatan luar biasa.

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat Karepesina

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X