Gunung Raung Naik Menjadi Waspada, Inilah Misteri Kerajaan Macan Putih Disana

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 12:00 WIB
Gunung Raung Naik Menjadi Waspada, Inilah Misteri Kerajaan Macan Putih Disana ( instagram @achmadrifaii_)
Gunung Raung Naik Menjadi Waspada, Inilah Misteri Kerajaan Macan Putih Disana ( instagram @achmadrifaii_)

Portal Banyuwangi – Diketahui Gunung Raung meletus pada tanggal 27 Juli 2022. Saat ini, Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur tersebut telah naik statusnya menjadi waspada.

Berdasarkan informasi Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG), terhitung tanggal 29 Juli 2022 pukul 08.00 WIB level Gunung Raung dinaikkan dari level normal menjadi level waspada.

Dibalik statusnya yang naik menjadi waspada, Gunung Raung ternyata banyak menyimpan misteri. Salah satunya nisteri terdapat kerajaan macan putih disana.

Baca Juga: Misteri Pos Pendakian Gunung Raung, Pondok Demit Menjadi Sisi Lain Kerajaan Macan Putih Prabu Tawang Alun?

Dikutip Portal Banyuwangi dari channel Youtube Nasihat Kehidupan Misteri tentang misteri Kerajaan Macan Putih di Gunung Raung.

Masyarakat di sekitar Gunung Raung meyakini bahwa kerajaan macan putih berada di barat kaldera Gunung Raung yang merupakan perbukitan terjal. Dikawasan tersebut dipercaya sebagai singgsana pangeran.

Menurut masyarakat sekitar, kerajaan macan putih berdiri pada tahun 1638 yaitu saat Gunung Raung meletus. kerajaan macan putih dipimpin oleh seorang pangeran yang bernama Tawangulun.

Baca Juga: Tips Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim Gunung Raung, Menuju Puncak Sejati, Kaldera Terbesar di Pulau Jawa!

Pangeran Tawangulun adalah salah satu anak raja Majapahit yang telah hilang dan Pangeran Tawangulun juga merupakan salah satu suami Nyai Roro Kidul.

Konon berdasarkan kepercayaan masyarakat Gunung Raung, Kerajaan Macan Putih pernah beberapa kali melangsungkan upacara pernikahan dan menjadikan hewan-hewan warga sebagai upeti.

Upeti tersebut akan diberikan untuk para penguasa kerajaan macan putih. Sehingga pada saat acara dilaksanakan banyak hewan milik warga yang dijadikan upeti mati mendadak.

Baca Juga: Benarkah Ada Harimau Jawa di Gunung Raung? Warga: Saya Melihat dengan Mata Kepala Sendiri!

Biasanya kerajaan macan putih sesekali menampakkan diri, terutama pada malam Jumat Kliwon. Dan ketika menampakkan diri pada Jumat Kliwon, istri dari Pangeran Tawangulun, Nyai Roro Kidul akan mengunjungi suaminya.

Demikian sekilas cerita misteri tentang kerajaan macan putih di Gunung Raung yang statusnya Gunung Api-nya naik menjadi waspada. Semoga bermanfaat.***

Editor: Adhimas Kusuma Yuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X