Sederet Kisah Kelam dibalik Karya Eminem yang Raih Berbagai Prestasi

- Selasa, 7 Juni 2022 | 14:00 WIB
Kisah kelam Eminem yang raih berbagai prestasi
Kisah kelam Eminem yang raih berbagai prestasi
Portal Banyuwangi - Lahir pada tanggal 17 Oktober 1972 dengan nama Marshall Bruce Mathers III atau dikenal sebagai Eminem. Eminem telah meraih 240 penghargaan di antaranya adalah 13 Piala Grammy dan 4 Brit Awards. Lagunya yang berjudul Rap God  mendapatkan Guinness World Records sebagai lagu dengan lirik terpanjang.
 
Dalam salah satu bagian lagu Rap God, Eminem mengucapkan 97 kata dalam 15 detik atau 6,4 kata per detik. Dibalik kesuksesan dan karyanya yang hebat, ternyata Eminem ini memiliki masa lalu yang kelam dan penuh masalah. 

Masalah yang terjadi di hidup Eminem, ia tuangkan dalam lirik lagunya. Tapi ada juga, lirik lagunya yang mengandung kontroversi kemudian membuat dia terjebak masalah baik dengan ibunya, teman masa kecilnya, sesama artis, bahkan Presiden Amerika. Berikut ini adalah kisah masa lalu Eminem yang penuh dengan masalah. 

Ayah Eminem bernama Marshall Bruce Mathers Jr. dan ibunya bernama Deborah Rae Nelson biasa dipanggil Debbie. Kala itu, ibunya yang berusia 15 tahun dan hampir meninggal setelah 73 jam proses kelahirannya. 
 
Baca Juga: Keren! Beginilah Gaya Ridwan Kamil yang Disorot oleh Warganet, Mirip Ir. Soekarno!

Usia 2 bulan, ayahnya yang kasar pergi dari rumah. Ibunya  menderita Munchausen Syndrome By Proxy (MSBP) yaitu suka mencari simpati dengan cara mengaku kalau ada anggota keluarga yang sakit. Ibunya pernah membiarkannya kelaparan serta memaksanya untuk minum obat yang tidak penting agar dia sakit dan ibunya mendapat simpati. 

Di tahun 1991, saudara tirinya Ronnie Polkinghorn yang selalu dekat dengannya meninggal karena bunuh diri. Saat itu, ibunya bilang ke Eminem kalau dia berharap Eminem saja yang mati. Eminem menulis surat untuk ayahnya tetapi menurut ibunya, semua surat itu dikembalikan lagi ke pengirimnya. 

Eminem dibully di sekolah, dikunci di loker, dipukuli sampai koma satu minggu. Pelakunya adalah teman sekolah yang bernama De'Angelo Bailey. Di lingkungan rumahnya, Eminem juga sering dipukuli tetangganya karena dia berkulit putih sedangkan lingkungannya mayoritas kulit hitam. 

Di usia 16 tahun, dia bertemu temannya yang bernama Proof, kemudian mereka bernyanyi rap untuk biaya hidupnya karena uang ibunya habis untuk pria, narkoba dan kesenangan pribadi. Karena bekerja, Eminem jadi sering bolos dan nilainya jelek, di umur 17 tahun, dia dikeluarkan dari Lincoln High School.
 
 
Pertama kali Eminem berurusan dengan hukum saat umur 20 tahun, dia ditangkap karena mengemudi sambil menembak menggunakan senapan paintball yang kemudian kasus ini ditutup karena korban tidak hadir persidangan. 

Eminem menjalin hubungan dengan teman sekolahnya dulu yang bernama Kim Scott. Dari hubungan tersebut, lahir Hailie Jade Scott Mathers anak pertama Eminem dengan Kim pada tanggal 25 Desember 1995.

Eminem dan Kim tinggal di lingkungan kriminal. Rumah mereka dirampok beberapa kali. Pekerjaan Eminem kala itu adalah memasak dan mencuci piring di sebuah restoran. Dia bekerja sangat keras untuk anaknya yang baru lahir, namun dia dipecat sebelum hari ulang tahun anaknya. 

Tahun 1996 Eminem mencoba merilis album yang salah satu liriknya menceritakan susahnya membesarkan anak dengan uang yang sedikit namun album ini tidak sukses. Tidak menyerah, Eminem kembali merilis album. Lagu - lagu Eminem di album barunya banyak menceritakan pengalaman sedihnya dulu. 
 
 
Pada 1999, ibu Eminem tidak terima dirinya dijadikan lagu, ibunya pun menuntut sepuluh juta dollar. Masih ingat Bailey? Teman kecil Eminem yang pernah membuat Eminem koma, dia juga menuntut 1 juta dollar karena hal yang sama. Ternyata album yang penuh kontroversi tersebut laku dipasaran. Kemudian tahun 1999 Eminem dan Kim yang menikah. 

Eminem kembali berurusan dengan hukum atas penganiayaan kepada John Guerrera ketika dia melihat Guerrera mencium istrinya. Pada 7 Juli 2000, Kim mencoba bunuh diri dengan nekat menyayat pinggangnya namun tidak sampai meninggal. Ada sebuah bukti bahwa Kim berlaku kasar, selingkuh di belakang Eminem dan hamil dengan pria lain. 

Pada 26 Oktober 2000, Eminem dijadwalkan tampil di Kanada, banyak penolakan dari masyarakat Kanada karena lagu - lagu Eminem dinilai mengandung kekerasan, namun konser tetap berjalan sukses. 

Karena lagunya Eminem banyak menuai masalah dengan sesama artis juga, diantaranya Mariah Carey, Christina Aguilera, Michael Jackson dan masih banyak lagi. Eminem juga mendapat protes dari Gay & Lesbian Alliance Against Defamation (GLAAD) karena lirik lagunya merupakan homofobia. 
 
Baca Juga: Beginilah Nasib Pria Nekat yang Berada di Ruangan Tertutup Bersama 72 Ular Selama 72 Jam

Pada 28 Juni 2001, Eminem dihukum satu tahun percobaan dan layanan masyarakat serta didenda sekitar dua ribu dollar atas kasus kepemilikan senjata ilegal. Pada 31 Maret 2002, Jacques Loussier menuntut $10 juta karena memakai musik instrumennya yang berjudul "Pulsion".

Eminem membuat lagu rap yang meceritakan kematian Kim yang tragis. Kim yang tidak terima, kemudian menuntut Eminem. Akhirnya mereka bercerai pada tahun 2001. Pada 8 Desember 2003, Eminem kembali bermasalah dengan United States Secret Service karena lirik lagunya yang berjudul "We As American" dinilai mengandung ancaman kepada Presiden Amerika. 

Teman dekat Eminem yang bernama Proof meninggal dunia karena di tembak. Eminem pun sangat depresi sampai dia overdosis narkoba. Pada Agustus 2005 dia membatalkan konsernya keliling Eropa, karena harus rehabilitasi ketergantungan obat. 

Pada Januari 2006, Eminem dan Kim menikah kembali setelah 5 tahun perceraian. Tidak lama kemudian, awal April 2006, Eminem dan Kim cerai kembali. Sampai sekarang Eminem belum menikah lagi.
 
Baca Juga: 5 Pejabat Indonesia yang Klaim Anti Korupsi, Tapi Ternyata Maling Uang Rakyat

Pada bulan Desember 2007, Eminem dibawa kerumah sakit setelah kelebihan dosis atas methadone. Selain itu Eminem juga divonis mengidap bipolar disorder. 

Saat ini, Eminem sudah berdamai dengan dirinya, sudah tidak ada masalah - masalah lagi dan dirinya masih tetap berkarya.***

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X