Inilah Sosok Erichthonius Anak Angkat Dewi Athena dalam Mitologi Yunani

- Rabu, 27 Juli 2022 | 10:00 WIB
Inilah Sosok Erichthonius Anak Angkat Dewi Athena dalam Mitologi Yunani (istimewa)
Inilah Sosok Erichthonius Anak Angkat Dewi Athena dalam Mitologi Yunani (istimewa)

Portal Banyuwangi - Salah satu dewi yang tidak terombang-ambing perkara cinta, dan diceritakan dia masih menjaga keperawananya, yap sebut saja dia Dewi Athena. Dia memiliki anak angkat bernama Erichthonius.

Dewi Athena merupakan sosok dewi yang tidak mempunyai rasa cinta kepada dewa siapapun hingga dia pun tidak tertarik untuk menikah terlebih memiliki suami.

Namun dalam kisahnya dia memiliki anak angkat bernama Erichthonius makhluk yang berwujud setengah ular dan ditakuti putri raja Cecrops.

Penasaran gak sih dengan kisah anak angkat Dewi Athena? Simak yuk rangkuman artikel Portal Banyuwangi yang melansir melalui kanal YouTube Azlan Arafi Saragih.

Baca Juga: Wow! Ternyata Begini Asal Usul Kota Athena dalam Mitologi Yunani, Simak Penjelasan Berikut

Awalnya Dewi Athena mengunjungi dewa Hephaestus untuk dibuatkan senjata.

Usut punya usut dewa Hephaestus jatuh cinta kepada Athena. Namun karena Athena tidak ingin mempunyai suami, jelas Hephaestus ditolak.

Dengan kegigihannya Hephaestus tetep nekad dan mengajak Dewi Athena bercinta, dengan menangkap Athena untuk diperkosa, Athena melawan tapi selama pertarungan air mani Hephaestus berjatuhan di paha Athena.

Kejadian tersebut membuat Dewi Athena mengambil beberapa wol untuk mengelap air mani tersebut.

Oleh Athena kain tersebut dilempar jatuh ke bumi sehingga menyebabkan Gaea hamil.

Baca Juga: Mengenal Sosok Athena: Anak Favorit Dewa Zeus dalam Mitologi Yunani

Dari kejadian tersebut lahirlah Erichthonius, melihat kondisi bayi tersebut membuat Athena merasa iba dengan kondisinya karena Erichthonius lahir dengan wujud setengah ular.

Sang dewi Athena memutuskan untuk mengurus Erichthonius secara diam-diam dengan memasukkannya ke dalam kotak dan kotaknya diberikan kepada putri raja Cecrops.

Athena memberi peringatan kepada putri-putri raja agar tidak membuka kotak tersebut namun karena penasaran putri tersebut membuka kotaknya.

Akhirnya putri raja Cecrops berlarian karena terkejut melihat bayi setengah ular dan mereka lari kemudian terjatuh ke Acropolis dan menyebabkan meninggal dunia.

Baca Juga: Poseidon Dewa Mitologi Yunani yang Doyan Kawin dan Suka Ngamuk?

Ketika Erichthonius dewasa, dia menjadi pemimpin kota Athens kemudian dia menikah dengan Praxithea dan mempunyai seorang putra yang diberi nama Pandion the first.


Sepanjang kepemimpinannya di kota Athens, Erichthonius dilindungi oleh dewi Athena. Kemudian Erichthonius mengadakan festival Panathenaic dengan tujuan membalas kebaikan Dewi Athena.

Kononnya Erichthonius merupakan penemu kereta 4 kuda, setelah kematiannya karena Zeus sangat terkesan hingga membuat rasi bintang Auriga.

Demikian kisah Erichthonius anak angkat Dewi Athena yang berwujud setengah ular, salah satu pemimpin kota Athens, semoga bermanfaat.***

Baca Juga: The Olympians Generasi ke 3 Mitologi Yunani yang Menguasai Bumi

Editor: Adhimas Kusuma Yuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X