Mengenal Dewa Musik, Sosok Apollo sang Dewa Olympians yang Paling Tampan dalam Mitologi Yunani

- Rabu, 27 Juli 2022 | 15:00 WIB
Mengenal Dewa Musik, Sosok Apollo sang Dewa Olympians yang Paling Tampan dalam Mitologi Yunani (istimewa)
Mengenal Dewa Musik, Sosok Apollo sang Dewa Olympians yang Paling Tampan dalam Mitologi Yunani (istimewa)

Portal Banyuwangi - Berikut informasi mengenai dewa musik yang terkenal dalam Mitologi Yunani, pastikan simak sampai selesai ya gengs!

Penggemar Mitologi Yunani tentu sudah tidak asing dengan sosoknya, namun penulis akan menggambarkan sosok Apollo yang sudah dirangkum dari kanal YouTube Azlan Arafi Saragih.

Berikut sosok Apollo, artikel khusus readers Mitologi Yunani dari Portal Banyuwangi, simak yuk!

Siapa sih yang tak kenal dengan dewa Olympians yang paling tampan? Ialah dewa Apollo yang terkenal juga dengan sebutan dewa musik.

Baca Juga: Wow! Ternyata Begini Asal Usul Kota Athena dalam Mitologi Yunani, Simak Penjelasan Berikut

Tak hanya itu saja gengs, konon dewa Apollo ini kekuatannya mengalahkan dewa matahari yakni Helios.

Meskipun dikaitkan dengan matahari, namun sebenarnya dewa Apollo lebih dekat ke musik.

Selain disebut sebagai dewa musik dan matahari, Apollo juga erat kaitannya dengan penyebutan dewa penyembuhan, dewa puisi, panahan, ramalan, penggembala dan nomius.

Nah dewa Apollo inilah yang melindungi kembalaan hewan dari serangan binatang buas, itulah sebab mengapa Apollo dijuluki sebagai dewa penggembala.

Baca Juga: Mengenal Sosok Athena: Anak Favorit Dewa Zeus dalam Mitologi Yunani

Jika kalian sudah mengetahui kisah dewa Hermes, tentu kalian mendapati sosok Apollo yang bermain kecapi /musik sambil menggembala ternak.

Namun seiring berjalannya waktu, Apollo menjadi multifaset/ beraneka ragam mulai dari dewa musik, matahari, penggembala dan lainnya.

Dalam seni sosok Apollo digambarkan mempunyai tubuh yang ideal, berwajah tampan, tanpa jenggot  dan bertubuh atletis, intinya perfect man lah gaes!

Penggambaran Apollo layaknya Hermes ya 11/12 lah gaes, sayangnya Hermes berbadan kecil ketimbang Apollo.

Baca Juga: Bukan Sosok Penopang Bumi, Ternyata Atlas Adalah Penompang Langit Menurut Mitologi Yunani!

Dalam Mitologi Yunani, Apollo inilah yang disebut dewa paling tampan, pasalnya tak hanya tampan saja gengs, Apollo juga memiliki moral yang cukup baik.

Namun dalam Mitologi Yunani ada dewa tampan juga sebenarnya gengs, kita sebut saja dewa Ares, namun karena dewa Ares mempunyai hobi berperang dan suka menumpahkan darah, hal tersebut menjadi kelemahan dewa Ares.

Ada juga sosok dewa Dionysus, sebagian orang menyebutnya sebagai dewa tampan namun karena dewa tersebut suka mabuk-mabukan sehingga orang-orang lebih memilih Apollo dibanding Ares dan Dionysus.

Nah sosok Apollo melambangkan keindahan seorang pria meskipun kisah percintaannya tidak berjalan dengan mulus. Dari kisah cinta yang ditolak, kandas dan lain sebagainya.

Baca Juga: Poseidon Dewa Mitologi Yunani yang Doyan Kawin dan Suka Ngamuk?

Apollo identik dengan alat busur panah, kecapi dan daun salam di kepalanya atau sebut saja mahkota Apollo.

Apollo merupakan anak dari dewa Zeus dengan Titans Letto, layaknya istri pada umumnya ketika Zeus berselingkuh dan ketahuan disitulah dewi Hera murka.

Diceritakan bahwa dewi Hera marah kepada Letto dan mengusirnya dari gunung Olympus sehingga menyebabkan Letto tidak bisa melahirkan di tempat manapun.

Semua tanah di daratan menolak untuk dijadikan tempat melahirkan, Letto pun berusaha sekuat tenaga mencari tempat yang bisa menerimanya.

Baca Juga: The Olympians Generasi ke 3 Mitologi Yunani yang Menguasai Bumi

Oleh Zeus berusaha membantu Titans Letto dengan mengirimkan dewa angin utara bernama Boreas untuk membawa Letto ke pulau Delo.

Karena hanya pulau Delo yang mau menerima Letto sebagai tempat untuk melahirkan. Kok bisa sih? Yap karena Delo merupakan pulau apung yang tidak berhubung dengan daratan.

So, pulau Delo tidak termasuk ke dalam perintah maupun larangan dewi Hera. Diketahui pulau Delo diciptakan Poseidon atas permintaan dewa Zeus.

Anak yang pertama lahir di pulau Delo yakni dewi Artemis memiliki ciri kulit pucat, wajah yang cantik rupawan dan berambut hitam.

Baca Juga: Berdasar Mitologi Yunani Generasi Primordial Begini Awal Mula Terbentuknya Alam Semesta

Karena Artemis seorang dewi begitu lahir dia mulai belajar berjalan sambil pegangan pohon dan sudah mampu membantu ibunya Letto.

Namun setelah melahirkan dewi Artemis,

Letto masih merasakan sakit diperutnya ternyata dia melahirkan anak keduanya yang dinamai Apollo dan dibantu oleh sang kakak yakni Artemis.

Apollo sang dewa tampan berambut pirang, dewa Apollo dan dewi Artemis merupakan anak kembar. Jika dewa Apollo dikaitkan dengan dewa matahari, dewi Artemis dikaitkan dengan bulan.

Mengetahui Letto sudah melahirkan, dewi Hera makin murka dan menyuruh ular raksasa Python untuk membunuh anak-anak Letto.

Halaman:

Editor: Adhimas Kusuma Yuda

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X