Diburu Hingga Dijadikan Pertunjukan, Ini Awal Mula Kepunahan Harimau Jawa

- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Awal Mula Kepunahan Harimau Jawa
Awal Mula Kepunahan Harimau Jawa

Portal Banyuwangi - Harimau Jawa atau nama ilmiahnya Panthera Tigris Sondaica merupakan harimau yang memiliki tubuh lebih kecil dibanding harimau yang ada di Afrika. 

Harimau Jawa jantan memiliki berat badan sekitar 100 - 140 kg dan panjang badan sekitar 200 - 245 cm, sedangkan Harimau Jawa betina memiliki berat dan panjang badan lebih kecil dari itu. 

Sama seperti komodo yang hanya ada di Pulau Komodo, Harimau Jawa juga memiliki tempat hidup terbatas atau biasa disebut endemik yang artinya hanya ada di Pulau Jawa saja. 

Pada abad ke 19, Harimau Jawa banyak ditemukan berkeliaran di hutan - hutan Jawa, namun pada tahun 1980-an Harimau Jawa dinyatakan sebagai hewan yang sudah punah.

Baca Juga: Gegerkan Warga, Sosok Harimau Jawa Sempat Terlihat di Hutan Gunung Slamet, Fakta atau Mitos?

Tetapi masih banyak yang melapor jika Harimau Jawa sempat terlihat di hutan Pulau Jawa, kemudian pada tahun 1998 diadakan peninjauan kembali tentang kepunahan Harimau Jawa

Setelah selama 12 bulan melakukan peninjauan dengan menerjunkan 12 staf taman nasional terlatih ke dalam hutan, hasilnya adalah sudah tidak ada lagi Harimau Jawa

Awal mula kepunahan Harimau Jawa adalah ketika masyarakat Jawa jaman dulu memperluas lahan pertanian dan pemukiman mereka sehingga menggerus habitat Harimau Jawa

Hal tersebut membuat Harimau Jawa masuk ke wilayah manusia kemudian memangsa ternak bahkan manusia sehingga Harimau Jawa diracun dan diburu oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X