Subhanallah, di Menara Masjid Inilah Nabi Isa AS Akan Turun di Akhir Zaman...

- Senin, 26 September 2022 | 15:39 WIB
Megahnya Masjid Agung Umayyah, Damaskus, Suriah  (IStock)
Megahnya Masjid Agung Umayyah, Damaskus, Suriah (IStock)

Portal Banyuwangi – Mempelajari tentang ilmu Akhir Zaman dan mempercayai tentang Akhir Zaman adalah suatu kewajiban yang harus dipelajari dan direnungkan oleh setiap Muslim.

Akhir Zaman atau Hari Kiamat merupakan sebuah kepastian yang wajib diketahui oleh setiap umat Islam.

Akhir Zaman termasuk dalam rukun Iman yang ke Lima tentang keberadaan hari kiamat yang juga termuat dalam Al-Qur’an. Dimana semua Makhluk Hidup pun akan binasa dan akan dibangkitkan Kembali.

Salah satu tanda besar Akhir Zaman yang telah disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW adalah Turunya Nabi Isa AS.

Baca Juga: Tanda Munculnya Ragnarok Hari Kiamat dalam Mitologi Nordik

Dalil tentang turunnya Nabi Isa AS sangat banyak dijumpai pada Al-Qur’an dan Hadits yang Sohih. Adapun Lokasinya, disebutkan oleh Rasulullah SAW. Dalam Kitabullah, Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman:

“dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah’, padahal mereka tidak membunuhya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (Pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tenang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa Kepada-Nya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisaa’ : 157-158)

Dalam menafsirkan ayat ini Ibnu Katsir menyebut banyak hadits Rasulullah yang menjelaskannya. Ia pun menyimpulkan, “Hadits-hadits mutawatir dari Rasulullah yang diriwayatkan dari para Sahabat. Di dalam hadits-hadits tersebut mengandung petunjuk tentang sifat-sifat turunya (Nabi Isa), juga tempatnya. Yakni beliau akan turun di Syam (Suriah) tepatnya di Damaskus pada Menara timur dan terjadi Ketika akan didirikan Shalat Subuh.” (Tafsir Ibnu Katsir).

Salah satu hadits yang menunjukkan lokasi turunnya Nabi Isa AS yakni kabar dari An Nawwa bin Sam’an. Ia berkisah, “Pada suatu pagi, Rasulullah menyebut tentang dajjal, beliau melirihkan suara dan mengeraskannya hingga kami mengiranya berada di sekelompok Pohon Kurma, ‘Saat Dajjal seperti itu,tiba-tiba Isa Putra Maryam turun di sebelah Timur Damaskus di Menara Putih dengan mengenakan dua baju (yang dicelup wars dan za’faran) seraya meletakkan kedua tangannya di atas sayap dua Malaikat, bila ia menundukkan kepala, air pun menetes. Bila ia mengangkat kepala, air pun bercucuran seperti Mutiara.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X