Dosa Besar Jika Kita Marah Pada Takdir Allah, Begini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 19:18 WIB
Ustadz Khalid Basalamah Sebut Dosa Besar Jika Kita Marah Pada Takdir Allah SWT. (tangkapan layar YouTube Khalid Basalamah Official)
Ustadz Khalid Basalamah Sebut Dosa Besar Jika Kita Marah Pada Takdir Allah SWT. (tangkapan layar YouTube Khalid Basalamah Official)

Portal Banyuwangi – Marah pada Takdir Allah adalah dosa besar, demikian penjelasan Ustaz Khalid Basalamah melalui kanal resminya, Khalid Basalamah Official.

Ustaz Khalid Basalamah menerangkan, rukun iman dimulai dengan iman kepada Allah dan diakhiri dengan iman kepada takdir baik dan takdir buruk. Artinya Takdir Allah itu pasti terjadi.

Dalam Al-Qur’an surat At Taghabun ayat 11 disebutkan bahwa tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah.

Di dalam ayat itu Allah menyebutkan sebagai musibah. Yakni hal yang terjadi tidak disukai oleh manusia. Banyak manusia yang menolak. Banyak manusia yang tidak menginginkan mendapat musibah. Padahal Allah menjelaskan semua musibah yang terjadi di muka bumi ini semua adalah keputusan Allah.

Baca Juga: Membakar Hutan Demi Kepentingan Pribadi, Ustadz Abdul Somad: Hukum Mati!

Musibah yang dimaksud adalah sebuah musibah yang menimpa seseorang dan dia menyadari bahwa itu adalah takdir dari Allah, maka dia ridho dan berserah diri. Apapun sifatnya. Entah dia suka atau tidak.

Allah memberikan musibah dengan keadilan-Nya, kemahaluasan ilmu-Nya dan pasti benar. Jika itu terjadi pada orang beriman, pasti ada kebaikan di dalamnya, dan peringatan bagi orang-orang yang melakukan kemaksiatan.

Jika Allah mencintai satu kaum, maka Allah akan menguji mereka. Barang siapa ridho menerima keputusan itu, maka ia akan mendapat ridho Allah. Sebaliknya, jika ada yang marah atau menggerutu, ia akan mendapatkan murka.

Mengapa Allah menguji hamba-Nya? Sebab Dia ingin mengetahui apakah hamba-Nya dapat menerima cobaan yang diberikan. Jika ia orang beriman, maka ia akan menerima cobaan itu sebagaimana ia menerima nikmat.

Halaman:

Editor: Taufik Hidayat Karepesina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X