5 Kuliner Khas Saat Bulan Suro, Wajib Kalian Coba Nih!

- Jumat, 29 Juli 2022 | 08:00 WIB
5 Kuliner Khas Saat Bulan Suro, Wajib Kalian Coba Nih! (Cookpad/@ella_elloet)
5 Kuliner Khas Saat Bulan Suro, Wajib Kalian Coba Nih! (Cookpad/@ella_elloet)

Portal Banyuwangi - Masyarakat mempercayai jika bulan Suro merupakan bulan yang sakral. Banyak juga tradisi turun temurun untuk merayakan bulan Suro yang masih dilaksanakan hingga saat ini.

Berbagai macam tradisi peninggalan leluhur mulai dari larangan-larangan hingga kuliner khas bulan Suro masih dilestarikan. Tradisi dan larangan-larangan mengenai mitos di bulan Suro masih dipegang teguh oleh masyarakat Jawa khususnya.

Ada salah satu tradisi dimana saat perayaan Malam 1 di bulan Suro warga berebut kuliner khas yang disajikan khusus pada perayaan Malam 1 Suro. Biasanya kuliner khas saat perayaan Malam 1 Suro seperti nasi tumpeng dan bubur Suro.

Ternyata tidak hanya nasi tumpeng dan bubur Suro saja yang menjadi kuliner khas saat bulan Suro. Dilansir oleh Portal Banyuwangi dari berbagai sumber, inilah 5 Kuliner Khas saat malam pertama di bulan Suro:

Baca Juga: Pengalaman Mistis Malam 1 Suro di Alas Purwo Banyuwangi, Kejadian Tak Terduga Ini yang Dialami

1. Nasi Tumpeng

Menu kuliner yang pertama untuk merayakan malam 1 di bulan Suro adalah nasi tumpeng, menu ini merupakan olahan nasi yang dalam penyajiannya dibentuk menyerupai kerucut.

Olahan nasi yang digunakan biasanya nasi kuning, nasi putih dan nasi uduk. Nasi tumpeng dipercaya oleh masyarakat sebagai bentuk penghormatan Tuhan Yang Maha Esa serta leluhur.

2. Bubur Suro

Bubur Suro merupakan bubur yang terkenal dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Bubur Suro ini kaya akan rempah-rempah biasanya disajikan dengan lauk pendamping. Bubur Suro adalah lambang dari perayaan Tahun Baru Islam atau 1 Suro.

Baca Juga: 4 Larangan Malam 1 Suro yang Dilakukan Masyarakat Jawa, Jangan Sampai Dilanggar!

Masyarakat mempercayai bubur Suro sebagai pengungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

3. Bubur Merah Putih

Halaman:

Editor: Adhimas Kusuma Yuda

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X