Misteri Gunung Merapi, Tak Kalah Mistis Dari Alas Purwo Banyuwangi!

- Minggu, 31 Juli 2022 | 06:00 WIB
Misteri Gunung Merapi yang tak kalah Mistis Dari Alas Purwo (Foto: Pikiran Rakyat.com)
Misteri Gunung Merapi yang tak kalah Mistis Dari Alas Purwo (Foto: Pikiran Rakyat.com)
Portal Banyuwangi - Dikenal sebagai hutan tertua di Pulau Jawa, misteri Alas Purwo Banyuwangi telah ada dan dikenal secara luas oleh masyarakat. 
 
Namun nyatanya, bukan hanya Alas Purwo Banyuwangi saja, Jawa Tengah juga memiliki kisah misteri didalamnya. Tepatnya ada kisah misteri dari Gunung Merapi
 
Kisah misteri Gunung Merapi telah lama beredar luas di masyarakat, tak kalah mistis dari Alas Purwo. Masyarakat mempercayai banyak aktivitas mistis terjadi di Gunung Merapi
 
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia, Gunung Merapi juga sering dikunjungi para pendaki sebagai tujuan pendakiannya. Kisah misteri didalamnya seringkali didengar dan dialami oleh para pendaki yang berkunjung.
 
 
Dari cerita yang beredar, kisah misteri Gunung Merapi dimulai dari adanya kepercayaan masyarakat setempat akan keberadaan salah satu kerajaan gaib yang dipercaya berada di kawasan Gunung Merapi
 
Terlepas dari Alas Purwo sebagai pusat kerajaan gaib tanah Jawa. Kerajaan gaib Gunung Merapi memiliki kisahnya sendiri. Dipimpin oleh sosok Eyang Merapi sebagai Raja dan dihuni oleh para punggawanya, kawasan Gunung Merapi dikenal akan kisah misterinya. 
 
Dari cerita yang beredar, sebagai pemimpin kerajaan gaib Gunung Merapi, Eyang Merapi memiliki punggawa penghuni gunung Merapi lainnya, diantaranya ada sosok penunggu gaib lainnya bernama Eyang Sapu Jagad dan Eyang Megantara
 
Eyang Sapu Jagad merupakan sosok penunggu kawah Gunung Merapi dan dipercaya sebagai pengambil keputusan kapan waktu meletusnya Gunung Merapi.
 
 
Sedangkan, Eyang Megantara merupakan salah satu tokoh pemuka yang mendiami puncak Gunung Merapi. Beliau bertugas untuk mengendalikan cuaca dan mengawasi daerah sekitar Merapi.
 
Masyarakat setempat juga percaya bahwa kerajaan gaib Gunung Merapi memiliki hubungan dengan kerajaan Mataram Kuno.
 
Dikatakan bahwa ketika kerajaan Mataram melakukan pertempuran melawan kerajaan Pajang, sebagian besar pasukan kerajaan Pajang berhasil ditumpas berkat bantuan Kerajaan gaib Gunung Merapi melalui letusannya. 
 
Misteri Gunung Merapi berlanjut terkait keberadaan kerajaan gaib itu sendiri, sebagian percaya bahwa pusat kerajaan gaib Gunung Merapi berada di kawasan pasar bubrah, sebuah area dibawah puncak gunung merapi yang terdiri dari batuan dan pasir.
 
 
Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa pasar bubrah merupakan lokasi pasar gaib kerajaan gaib Gunung Merapi.
 
Terdapat beberapa pendaki yang menceritakan ketika mereka beristirahat tidak jauh dari pasar bubrah, di malam hari terdengar suara ramai seakan sedang ada aktivitas jual beli disana. Namun ketika dilihat tidak ada apa-apa. 
 
Selain itu, misteri Gunung Merapi turut menyelimuti keberadaan pintu gerbang utama kerajaan gaib Gunung Merapi. Konon kabarnya, gerbang utama kerajaan gaib Gunung Merapi berada di sekitar gunung wutoh. 
 
Terlepas dari sisi misteri Gunung Merapi yang tak kalah mistis dari Alas Purwo. Gunung Merapi juga menawarkan panorama alam yang mempesona. 

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X