Suworo, Lagu Banyuwangi Karya Yons DD yang Bermuatan Mistis dan Unik, Simak Liriknya Disini!

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:06 WIB
Lagu Banyuwangi Suworo Karya Yons DD (Tangkapan Layar YouTube YON’S DD OFFICIAL)
Lagu Banyuwangi Suworo Karya Yons DD (Tangkapan Layar YouTube YON’S DD OFFICIAL)

Portal Banyuwangi – Yons DD, seniman dan budayawan asal Banyuwangi era tahun 90-an ini telah menciptakan beberapa lagu, salah satunya berjudul Suworo.

Proses kreatif lagu Banyuwangi berjudul Suworo ini terjadi pada tahun 2000, ketika terjadi peristiwa tenggelamnya Citra Mandala Bakti yang melayani penyeberangan Ketapang Banyuwangi – Gilimanuk.

Itulah alasannya lagu Banyuwangi Suworo yang berbahasa Jawa ini hampir mirip dengan kisah nyata yang menceritakan sepasang kekasih yang dipisahkan oleh kematian.

Dilansir dari YouTube YON’S DD OFFICIAL yang tayang pada 22 Mei 2020, Fatah Yasin Noor, Sastrawan Banyuwangi mengatakan bahwa lagu Suworo ini unik.

Baca Juga: Mitos Sumber Air Tukmas Magelang, Kabarnya Sesuci Sungai Gangga Dari India

Baca Juga: 3 Bangunan Berhantu Di Banyuwangi, Berani Uji Nyali Kesini?

“Lagu Suworo itu sebuah lagu yang unik. Artinya syair lagu Suworo itu lain daripada yang lain. Kalau pada umumnya, kalau kita menulis syair itu berdasarkan dari aku ke dia. Tapi justru ini dibalik.

Jadi dia si korban yang bicara ke kita. Jadi syair lagu Suworo itu intinya, ada wujud yang tidak ada diadakan dalam suara. Jadi seseorang yang sudah mati yang bicara,” ungkapnya.  

Bagaimana lirik lagu Suworo, simak di bawah ini.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X