Ribuan Santri Ikuti Pesantren Clean Up Day Bersama EcoRanger dan IIDI Banyuwangi

- Minggu, 25 September 2022 | 20:49 WIB
Peserta clean up berfoto bersama setelah melaksanakan jalan sehat 10.000 sambil pungut sampah (Rindra Arifin EcoRanger)
Peserta clean up berfoto bersama setelah melaksanakan jalan sehat 10.000 sambil pungut sampah (Rindra Arifin EcoRanger)

 

Portal Banyuwangi - Cuaca mendung pada Sabtu pagi tanggal (24 September 2022) tak menyurutkan semangat para ranger yang terdiri atas 1.000 guru dan santri untuk melakukan aksi bersih lingkungan di Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan, Karangdoro, Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya.

Tak hanya menyehatkan tubuh lewat jalan 10.000 langkah pada pagi hari, namun juga menyehatkan lingkungan dengan memungut sampah anorganik yang tercecer di lingkungan.

Dalam aksi tersebut, sampah anorganik dipilah menjadi dua kategori, yaitu anorganik bernilai ekonomi dan tidak bernilai ekonomi.

Hal ini menjadi bagian dari edukasi pemilahan langsung di sumber, sekaligus memberi wawasan tentang manfaat daur ulang sampah anorganik dari sisi perekonomian.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Ternak Kambing, Tim PKM Poliwangi dan UNSIKA Inovasikan Teknologi Complete Feed Block

Peserta clean up berkumpul di lapangan YPIP Mabadiul Ihsan Banyuwangi (Rindra Arifin EcoRanger)

Seluruh sampah yang terkumpul kemudian dibawa ke Sentra Kelola Sampah untuk pengelolaan lebih lanjut.

Inilah komitmen dalam setiap kegiatan clean up yang dilaksanakan bersama EcoRanger dari Yayasan Greeneration Indonesia, bahwa semua sampah yang terkumpul tidak hanya ditumpuk, ditimbun, atau dibakar di suatu tempat, tapi benar-benar dikelola dengan bertanggung jawab.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X