3 Anak Meninggal Dunia Terkena Hepatitis Akut, Ternyata Sudah Vaksin dan Negatif Covid 19

- Senin, 9 Mei 2022 | 12:12 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual terkait Hepatitis Akut (Foto: YouTube Kemenkes RI)
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual terkait Hepatitis Akut (Foto: YouTube Kemenkes RI)

 

Portal Banyuwangi - Ramai diperbincangkan publik soal 3 (tiga) anak yang meninggal dan diduga terkena Hepatitis Akut misterius yang belum diketahui penyebabnya, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya  melakukan investigasi kontak terhadap ketiganya.

Awalnya, pada 5 April 2022, WHO melaporkan bahwa di Inggris Raya ditemukan adanya 10 kasus Hepatitis Akut. Menyusul beberapa negara di Eropa dan Asia, lalu akhirnya diduga masuk ke Indonesia. Namun di Indonesia masih dalam tahapan investigasi lebih lanjut.

Hasil dari investigasi kontak tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah telah melakukan investigasi kontak terhadap tiga anak tersebut untuk mengetahui faktor risiko hepatitis akut pada Anak.

Investigasi kontak yang dilakukan oleh pemerintah dijalankan oleh Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Baca Juga: 3 Cara Rasulullah Hadapi Wabah Penyakit Menular dan Antisipasi Hepatitis Akut Pada Anak

Baca Juga: Inilah 5 Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Syawal, Kaum Muslim Wajib Tahu!

''Berdasarkan hasil investigasi kontak terhadap kasus yang meninggal dunia, ketiganya datang ke fasilitas kesehatan pada kondisi stadium lanjut, sehingga hanya memberikan sedikit waktu bagi tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan pertolongan,'' ujarnya.

Dari hasil investigasi tersebut, diketahui anak pertama berusia 2 tahun dan sudah mendapatkan vaksinasi hepatitis.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Sumber: Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X