Cara Untuk Mendapatkan Bansos Dari Kemensos RI Di Tahun 2022, Termasuk PKH dan BNPT Kartu Sembako

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:15 WIB
Cara mendapatkan Bansos dari Kemensos Melalui Link cekbansos.kemensos.go.id (Instagram @kemensosri)
Cara mendapatkan Bansos dari Kemensos Melalui Link cekbansos.kemensos.go.id (Instagram @kemensosri)

Portal Banyuwangi - Sesuai dengan ketentuan konstitusi yang ada di Indonesia pada pasal 34 ayat (1) dan (2) UUD 1945 bahwa terkait dengan fakit miskin, anak-anak terlantar serta masyarakat yang lemah dan tidak mampu diberikan jaminan sosial oleh negara.

Pasal diatas memberikan suatu tanggung jawab negara kata lain sebagai hak konstitusional yang diberikan negara terhadap warga negaranya dengan memberikan jaminan sosial kepada masyarakat Indonesia khususnya yang tertuang dalam pasal diatas.

Salah satu bentuk implementasi dari pasal tersebut, Negara melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan bantuan-bantuan khusunya bagi masyarakat yang tidak mampu.

Sebagaimana dikutip oleh Portal Banyuwangi melalui Instastory Instagram resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia @kemensosri pada hari Jumat, 14 Januari 2022, bahwa Kementerian Sosial akan terus menyalurkan bantuan sosial (Bansos) di tahun 2022.

Baca Juga: Mudah Hanya Melalui HP, Cara Cek Online Daftar Nama Penerima Bansos 2022 Hanya Pakai KTP

Dimana bantuan sosial tersebut berupa bantuan regular Program Keluarga Harapan (PKH) yag diberikan untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan juga Bantuan Kartu Sembako/BPNT untuk 18 Juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial, setiap calon penerima manfaat bantuan sosial haruslah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

DTKS ini berisikan terkait dengan data induk yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial (Permensos No. 3 tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Baca Juga: Kemensos Siapkan Dana 74 Triliun Untuk Bansos di Tahun 2022, Masyarakat Dapat Menambahkan Usulan Bantuan

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Sumber: Kemensos

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Live Streaming MU vs Westham United Premier League

Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:41 WIB
X