Menyikapi Perbedaan Mazhab dalam Islam, Hormatilah Ijtihad Para Ulama

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 14:02 WIB
Ilustrasi Abu Hanifah, ulama peletak dasar mazhab hanafi
Ilustrasi Abu Hanifah, ulama peletak dasar mazhab hanafi

Portal Banyuwangi - Mari sikapi perbedaan mazhab yang diyakini masing-masing individu muslim dengan saling menghormati dan menghargai antarsesama.

Ini dimaksudkan agar Islam tetap terjaga keindahannya dengan akhlak umatnya karena menyikapi beragam warna mazhab yang semuanya benar atas ijtihad para ulama masing-masing.

Mengutip naskah khutbah Jumat NU Online, kali ini Alumnus Pondok Buntet Pesantren Cirebon Ustadz Syakir NF, mengajak kepada khalayak untuk mengingat kembali perihal pentingnya menumbuhkan akhlak sesama Muslim berbeda mazhab.

Dengan pemahaman yang benar terkait menyikapi perbedaan mazhab dalam Islam, maka akan tertanam sikap saling menghormati dan menghargai,  sehingga perbedaan itu tidak menghalangi muslim untuk saling berbuat baik antarsesama saudara seiman.

Baca Juga: Berpikirlah Allah Pasti Mengampuni dan Menerima Taubatmu, Gus Baha: Jangan Merasa Tak Pantas

Allah SWT menciptakan manusia dalam keadaan berbeda-beda. Bukan saja dari segi kebangsaan, kesukuannya, tetapi juga agamanya.

Bahkan, dalam satu agama saja, ada beberapa pilihan mazhab yang bisa menjadi pertimbangan untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Dalam keyakinan aqidah, seorang muslim bisa berpegang pada salah satu di antara Imam Abul Hasan Al-Asy'ari atau Asy'ariyah dan Imam Abu Manshur Al-Maturidi atau Maturidiyah.

Baca Juga: Gus Baha: Bacaan Yasin, Doa, dan Amalan, Akan Sampai ke Orang Tua di Alam Kubur

Halaman:

Editor: Muhamad Nurcholis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X