Memahami Karomah Para Wali, Habib Luthfi: Muncul Setelah Era Para Tabi’in

- Rabu, 6 April 2022 | 05:05 WIB
Habib Luthfi bin Yahya  (dok PWNU Jatim)
Habib Luthfi bin Yahya (dok PWNU Jatim)

Portal Banyuwangi - Kisah-kisah karomah atau keistimewaan para waliyullah (kekasih Allah) lebih banyak muncul setelah masa sahabat Nabi.

Salah satu tujuan dari karomah-karomah ulama-ulama dan para wali itu menurut Habib Luthfi adalah untuk menunjukkah mukjizat yang diberikan kepada para Nabi terdahulu.

Dikutip Portal Banyuwangi dari karya Secercah Tinta (2012), Habib Luthfi bin Yahya menjelaskan bahwa pada zaman Nabi Muhammad, tidak perlu yang namanya karomah seperti itu.

Ini karena keimanan para sahabat langsung diterima oleh Rasulullah SAW. Dengan kata lain, tidak membutuhkan karomah sebagai penguat keimanan. Kemudian, mendekati keimanan para sahabat adalah golongan tabi’in yang hidup semasa atau masih menjumpai para sahabat.

Baca Juga: Kenapa Islam Melarang Mengeluh? Gus Baha: Tetaplah Ridho Apapun Pemberian Tuhan

Jaminan keimanan mereka langsung diketahui dari para sahabat Nabi. Walaupun mereka tidak melihat Rasulullah, mereka sudah bercermin kepada para sahabat Nabi.

Mereka menyadari kedudukan para sahabat yang hebat dan luar biasa, apalagi Rasulullah, tidak bisa diukur. Maka untuk meyakini dan beriman, tidak perlu adanya karomah.

Tetapi setelah era tabi’in, menurut Habib Lutfi, Allah SWT menurunkan karomahNya kepada para ulama dan wali yang datang kemudian.

Baca Juga: Doa Itu Tanda Manusia Hamba Yang Lemah, Jangan Memikirkan Terkabul atau Tidaknya

Halaman:

Editor: Muhamad Nurcholis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X