Mengenal Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak, Orang Tua Wajib Tau

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 11:53 WIB
Virus Adenovirus penyebab Hepatitis Akut pada anak (Hellosehat.com)
Virus Adenovirus penyebab Hepatitis Akut pada anak (Hellosehat.com)

Portal Banyuwangi - Artikel ini berisi informasi mengenai Adenovirus yang diduga sebagai penyebab munculnya Hepatitis Akut yang kini menimpa banyak anak di dunia. 

Hepatitis Akut awalnya dilaporkan terjadi di Inggris Raya pada 5 April 2022 dan akhirnya menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Hepatitis Akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Namun, untuk Hepatitis Akut pada anak yang belakangan tersebar, belum dapat diketahui penyebab pastinya. 

Hal tersebut dikarenakan dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan infeksi virus Hepatitis A,B C,D, dan E. Bahkan pada beberapa kasus Hepatitis Akut pada anak, ditemukan virus SARS-Cov-2 dan/atau Adenovirus.

Baca Juga: Waspada! Kenali Gejala Hepatitis Akut Pada Anak dan Cara Pencegahan

Baca Juga: Apa Tanda Hepatitis Akut Pada Anak? Simak Ringkasan Kasus, Gejala dan Cara Pencegahannya

Selanjutnya, pemeriksaan patogen (biologis dan kimiawi) juga masih dilakukan lebih lanjut. Saat ini, Adrenovirus menjadi salah satu hipotesis atau dugaan sementara penyebab yang mendasari munculnya penyakit Hepatitis Akut.

Namun hal tersebut tidak dapat  sepenuhnya menjelaskan tingkat keparahan gambaran klinis Hepatitis Akut.

Hipotesis lainnya yang mengaitkan adanya Hepatitis Akut karena efek samping dari vaksin Covid 19 saat ini tidak didukung karena sebagian besar anak-anak yang terkena dampak tidak menerima vaksinasi Covid 19

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X