Bantah Vaksinasi COVID 19 Dikaitkan dengan Hepatitis Akut Pada Anak, Kemenkes: Itu Tidak Benar!

- Minggu, 8 Mei 2022 | 11:06 WIB
Ilustrasi: Hepatitis Akut pada anak
Ilustrasi: Hepatitis Akut pada anak

Portal Banyuwangi - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah adanya kaitan antara Hepatitis Akut pada anak yang melanda beberapa negara, termasuk Indonesia dengan vaksinasi Covid 19 yang telah dijalani oleh sebagian besar masyarakat, termasuk anak-anak.

Kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak ini berawal dari Inggris pada 5 April 2022, selanjutnya dilaporkan melanda di beberapa negara Eropa dan juga Asia, hingga sampai ke Indonesia. Kini, kasus Hepatitis Akut di Indonesia sedang dalam tahap Investigasi.

Hepatitis Akut merupakan peradangan yang terjadi pada liver atau hati, penyebab umumnya adalah virus Hepatitis A, B, C, D, dan E.

Namun pada kasus Hepatitis Akut yang menyerang banyak anak di berbagai negara ini tidak terdapat kelima jenis virus tersebut, bahkan beberapa diantaranya justru terdeteksi SARS-Cov2 dan Adrenovirus. Hingga saat ini, penyebab penyakit tersebut belum dapat disimpulkan secara pasti.

Baca Juga: Mengenal Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak, Orang Tua Wajib Tau

Baca Juga: Waspada! Kenali Gejala Hepatitis Akut Pada Anak dan Cara Pencegahan

Karena penyebabnya yang belum diketahui jelas, banyak pihak yang berspekulasi bahwa penyakit ini ada kaitannya dengan adanya vaksinasi Covid 19.

Selain itu, ada juga yang memberikan dugaan sementara (hipotesis) bahwa Adrenovirus tipe 41 memiliki kemungkinan menjadi penyebab Hepatitis Akut pada anak.

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan bahwa Hepatitis Akut pada Anak yang belum diketahui penyebabnya ini tidak ada kaitannya dengan vaksinasi Covid 19 yang telah dijalani sebelumnya.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Sumber: Kementerian Kesehatan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X