Kenali Gejala Flu Singapura Pada Anak, Salah Satunya Luka Sariawan di Mulut dan Sekitarnya

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:28 WIB
Ilustrasi: Gejala Flu Singapura pada Anak
Ilustrasi: Gejala Flu Singapura pada Anak

Portal Banyuwangi - Berikut diinformasikan tentang gejala Flu Singapura yang sering terjadi pada anak-anak.

Flu Singapura merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus dari genus Enterovirus. Spesies yang paling menyebabkan orang terkena penyakit ini adalah virus Coxsackie (A6 dan A16) dan Human Enterovirus 71.

Sebutan lain untuk Flu Singapura adalah KTM (penyakit Kaki, Tangan dan Mulut), dalam bahasa Inggris disebut HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease).

Diketahui, Flu Singapura bukan berasal dari Singapura, hanya saja kasusnya pernah melonjak di Singapura pada tahun 2009. Penyakit inipun tidak disebabkan oleh infeksi virus influenza sehingga meskipun dinamakan flu, tapi tidak tergolong penyakit flu seperti biasanya.

Baca Juga: Trend Fashion Underboob Kian Populer, Dari Jennie Hingga HyunA: Ini Deretan Aktris yang Ikut Gaya Seksinya

Baca Juga: Dipercaya Akibat Perilaku LGBT, Ini 3 Kota di Dunia yang Terkubur Salah Satunya di Indonesia

Flu Singapura paling sering menyerang anak-anak di bawah 10 tahun, terlebih jika mereka sering bepergian dan bertemu dengan banyak orang.

Orang dewasa dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terinfeksi oleh virus HFMD tersebut, hanya saja biasanya tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Meskipun demikian, kelompok ini berpotensi sebagai pembawa (carrier) dari virus HMFD dan bisa menyebarkannya. Penyebaran Flu Singapura bisa melalui cairan hidung (ingus), tenggorokan (ludah, dahak), lesi kulit yang pecah, dan dari kotorannya

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X