Sudah Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap? Perjalanan Dalam dan Luar Negeri Kamu Tidak Perlu Swab Lagi!

- Rabu, 18 Mei 2022 | 16:20 WIB
Tes swab PCR dan antigen kini tak lagi menjadi  syarat bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri.
Tes swab PCR dan antigen kini tak lagi menjadi syarat bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri.


Portal Banyuwangi - Kabar gembira buat kamu yang sering jalan-jalan di dalam maupun luar negeri. Selama pandemi, perjalanan dalam dan luar negeri selalu diharuskan melakukan test swab PCR dan antigen beserta  syarat-syarat lainnya.

Namun kini, kamu sudah tidak perlu lagi melakukannya, karena Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan pelonggaran kebijakan dengan meniadakan swab PCR dan antigen untuk perjalanan dalam dan luar negeri jika sudah mendapatkan vaksin Covid-19 yang lengkap.

Presiden Jokowi telah mengumumkan pelonggaran kebijakan pada siaran pers yang disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor pada selasa, 17 Mei 2022 petang yang disiarkan secara langsung pada laman YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyampaikan bahwa  pelaku perjalanan dalam dan luar negeri yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap tidak perlu melakukan swab antigen maupun PCR.

Baca Juga: Longgarkan Kebijakan, Jokowi Bolehkan Lepas Masker di Area Terbuka!

“Bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, maka tidak perlu lagi melakukan tes swab antigen ataupun PCR,” ujarnya. 

Sebelum menyampaikan hal tersebut, Jokowi juga mengumumkan bahwa masyarakat Indonesia diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di ruang terbuka yang tidak padat orang.

Namun, jika berada di ruang tertutup ataupun transportasi publik, penggunaan masker masih diwajibkan. Kewajiban menggunakan masker juga berlaku untuk maskarakat yang sedang sakit terutama flu dan batuk juga jika memiliki komorbid. 

Hal ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia yang dapat dilihat dari komentar positifnya pada laman YouTube tersebut.***

Halaman:

Editor: Fahmi Awaludin

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Kontroversi Viral yang Terjadi di Holywings

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:43 WIB
X