5 Destinasi Wisata Pasar Kuliner Di Banyuwangi, Sayang Jika Terlewat

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 21:00 WIB
Destinasi wisata pasar kuliner di Banyuwangi (banyuwangikab.go.id)
Destinasi wisata pasar kuliner di Banyuwangi (banyuwangikab.go.id)
Portal Banyuwangi - Semakin berkembangnya destinasi wisata di Banyuwangi, membuat masyarakat setempat semakin kreatif dalam mengembangkan destinasi wisata baru yang ada. 
 
Belum lama ini, masyarakat menggagas terbentuknya destinasi wisata pasar kuliner di Banyuwangi yang patut untuk dikunjungi.
 
Menyajikan kuliner khas Banyuwangi disandingkan dengan panorama alam yang ada membuat destinasi wisata pasar kuliner makin nyaman untuk didatangi. 
 
Bagi yang penasaran berikut ini lima destinasi wisata pasar kuliner di Banyuwangi.
 
 
1. Oleng River Food
 
Destinasi wisata pasar kuliner yang pertama ada Oleng River Food. Berada di Jl. Raya Purwoharjo, Tegaldlimo, Banyuwangi, destinasi wisata pasar kuliner yang satu ini menawarkan sensasi memancing sambil menikmati kuliner khas, seperti oling goreng, wader goreng, dan ayam pedas. 
 
Bagi pengunjung yang hobi memancing, destinasi wisata pasar kuliner Oling River Food patut dikunjungi untuk melepas penat. 
 
Buka setiap hari sabtu, pukul 15.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB dan buka juga di hari minggu, pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WIB. 
 
2. Pasar Wit-Witan
 
Sesuai namanya, destinasi wisata pasar kuliner, pasar wit-witan berada dibawah pepohonan yang rindang sehingga membawa nuansa sejuk dan nyaman.
 
 
Destinasi wisata pasar wit-witan ini berada di desa Alasmalang, kecamatan Singojuruh, Banyuwangi yang menawarkan sajian kuliner tradisional khas Banyuwangi yang biasa dihidangkan saat acara keagamaan berlangsung. Uniknya, dalam menyajikan sajian kuliner penjual tidak menggunakan wadah atau tempat dari plastik. Ramah lingkungan bukan?
 
Pasar kuliner wit-witan terkenal dengan atraksi kebo-keboan yang ditampilkan setiap tahun, atraksi ini berupa munculnya penampilan manusia dengan menggunakan make up menyerupai seekor kerbau. 
 
Bagi yang ingin mengunjungi pasar wit-witan, dapat berkunjung di hari minggu pukul 06.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB. Mengingat pasar kuliner wit-witan hanya buka di hari tersebut saja. 
 
3. Arabian Street Food 
 
Mengusung konsep berbeda, destinasi wisata pasar kuliner yang satu ini digagas oleh masyarakat kampung arab, Banyuwangi
 
 
Destinasi wisata pasar kuliner Arabian Street Food menawarkan 123 menu sajian kuliner khas wilayah timur tengah, seperti kopi pasir ala Turki, kambing guling, nasi mandi kambing, sampai olahan roti maryam. Tentunya yang menjadi favorit pengunjung ada nasi kebuli dan kebab. 
 
Berada di Jalan Bangka, Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, destinasi wisata pasar kuliner ini mengusung konsep timur tengah dengan desain kampung dan menu khas wilayah sana. 
 
Buka setiap hari Kamis, pukul 18.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB, pengunjung dapat membeli aneka sajian khas timur tengah termasuk pernak pernik khas wilayah sana. 
 
4. Pasar Bengi Olehsari
 
Destinasi wisata pasar kuliner selanjutnya ada pasar bengi yang berada di kawasan Olehsari, Licin, Banyuwangi.
 
 
Pasar bengi menawarkan beragam jajanan khas Banyuwangi yang disajikan secara tradisional tanpa menghilangkan cita rasa aslinya. 
 
Untuk mengunjungi pasar bengi, pengunjung dapat datang di hari Sabtu, pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB. 
 
 
Mulai terkenal sejak adanya ekspor biji kopi kualitas premium ke Italia, Inggris, dan Swiss hingga ke Jepang, pihak pengelola PTPN XII mulai mengembangkan destinasi wisata pasar kuliner Malangsari Food and Coffee Market
 
Mengusung konsep pasar tradisional dengan sajian kopi berkualitas, destinasi wisata pasar kuliner yang satu ini pas untuk tempat ngopi kece bareng teman dan keluarga. 
 
 
Berlokasi di kawasan PTPN XII, Kalibaru, Banyuwangi, pengunjung dapat menikmati sajian kopi dan wedang rondo serta lupis lanun disini setiap hari minggu pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB. 
 
Siap berkunjung?. Itulah 5 destinasi wisata pasar kuliner di Banyuwangi. Selamat mencoba.***

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X