Jalur Pendakian Gunung Merapi Magelang, Tak Kalah Menarik Dari Gunung Raung Banyuwangi!

- Minggu, 31 Juli 2022 | 10:00 WIB
Jalur pendakian Gunung Merapi (ksdae.menlhk.go.id))
Jalur pendakian Gunung Merapi (ksdae.menlhk.go.id))

Portal Banyuwangi - Jika, Banyuwangi punya Gunung Raung dengan jalur pendakian menantangnya. Maka, Magelang punya Gunung Merapi dengan jalur pendakian mempesonanya.

Sebagaimana yang diketahui, baik Gunung Raung Banyuwangi dan Gunung Merapi Magelang keduanya merupakan gunung api aktif yang berada di Pulau Jawa.

Masing-masing gunung memiliki pesona dan daya tariknya sendiri. Jika Gunung Raung memiliki trek pendakian ekstrim dengan julukan shiratal mustakim, maka Gunung Merapi memiliki trek berpasir kerikil yang terkadang memerlukan pendakinya untuk merangkak.

Jika dibandingkan, memang benar ketinggian Gunung Merapi tidak setinggi Gunung Raung. Namun, masih termasuk gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Pasar Kuliner Di Banyuwangi, Sayang Jika Terlewat

Berada di dua provinsi, tepatnya berada di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Merapi memiliki ketinggian mencapai 2.930 mdpl. Cukup tinggi bukan?!.

Sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia secara administrasi Gunung Merapi berada di kabupaten Sleman, sisanya berada di Provinsi Jawa Tengah, meliputi Kabupaten Magelang di sisi bagian barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan sisi timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Untuk mencapai puncak Gunung Merapi terdapat lima jalur pendakian yang sering dilalui para pendaki. Namun tidak ada yang mengalahkan pesona alam jalur babadan.

Jika, Gunung Raung punya shiratal mustakim, maka Gunung Merapi punya jalur babadan.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X