Pesona Flora Fauna Di Taman Nasional Gunung Merapi, Tak Kalah Dari Alas Purwo Banyuwangi

- Minggu, 31 Juli 2022 | 11:00 WIB
Taman Nasional Gunung Merapi ( Akun Twitter @KabarJogjakarta)
Taman Nasional Gunung Merapi ( Akun Twitter @KabarJogjakarta)

Portal Banyuwangi - Taman nasional Alas Purwo memiliki 700 jenis flora dari berbagai formasi vegetasi.

Disamping itu, jenis fauna di Taman Nasional Alas Purwo juga tak kalah banyak, setidaknya terdapat 50 jenis mamalia, aves, dan herpetofauna atau fauna berupa reptil dan amfibi yang hidup di dalam Taman Nasional ini.

Tak kalah dengan Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Gunung Merapi juga memiliki banyak flora fauna yang mempesona di dalamnya.

Memang tidak sebanyak Taman Nasional Alas Purwo, namun Taman Nasional Gunung Merapi tetap tak kalah mempesona.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Pasar Kuliner Di Banyuwangi, Sayang Jika Terlewat

Secara administratif, Taman Nasional Gunung Merapi berada di wilayah kabupaten Magelang, Klaten, dan Boyolali Jawa Tengah dan berada di wilayah Kabupaten Sleman, DIY.

Apabila diamati dari peta, maka akan terlihat posisi Taman Nasional Gunung Merapi berada disebelah selatan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Dilansir dari rimbakita.com berdasarkan data yang dihimpun pada tahun 2010, walaupun tidak sebanyak Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Gunung Merapi setidaknya memiliki sekitar 154 spesies flora dengan berbagai formasi vegetasi saat gunung Merapi mengalami erupsi.

Perlu diketahui bahwa jenis flora yang hidup di Taman Nasional Gunung Merapi memiliki berbagai karakteristik yang berbeda sesuai dengan ketinggian tempatnya hidup.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X