6 Produk Kopi Khas Banyuwangi, Produk Lokal Rasa Premium! 

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:01 WIB
Ilustrasi: Produk Kopi Khas Banyuwangi
Ilustrasi: Produk Kopi Khas Banyuwangi
Portal Banyuwangi - Secara topografi wilayah Banyuwangi terdiri atas kawasan dataran rendah hingga dataran tinggi. Masing-masing kawasan memiliki hasil produk khas wilayahnya sendiri. 
 
Jika, kawasan dataran rendah memiliki hasil produk berupa ikan. Maka kawasan dataran tinggi memiliki kopi sebagai hasil produk khasnya. 
 
Belum lama ini, produk kopi khas Banyuwangi berhasil diekspor ke mancanegara. Berkat kualitasnya biji kopi lokasi memiliki cita rasa premium yang menjadi perbincangan hangat. 
 
Sebagai daerah penghasil biji kopi, setidaknya ada enam produk kopi khas Banyuwangi yang terkenal berkat kualitas dan cita rasanya. Enam produk kopi tersebut diantaranya sebagai berikut.
 
 
 
Kopi Osing disebut juga Kopai Osing merupakan salah satu produk kopi khas Banyuwangi yang telah dikenal luas. Kopi Osing merupakan kopi terbaik khas suku Osing, suku asli Banyuwangi yang diproduksi di desa kemiren. 
 
Bagi yang ingin mencicipinya secara langsung dapat mencicipi di Kedai Kopi Sanggat Genjah Arum, kedai kopi milik tester kopi dunia Iwan Subekti. 
 
Disini kopi Osing di proses secara tradisional melalui proses penyangraian dengan menggunakan wajan berbahan tanah liat dan disangrai diatas tungku kayu secara perlahan. Sehingga memunculkan cita rasa dan aroma yang khas. 
 
2. Kopi Robusta Songgon
 
Produk kopi khas Banyuwangi selanjutnya berasal dari kawasan Songgon. Kopi khas Banyuwangi yang satu ini merupakan jenis kopi robusta, dengan cita rasa mirip biji kopi robusta java preanger.
 
 
Dengan campuran berbeda, cita rasa yang diberikan juga berbeda. Jika kopi Songgon dicampur gula maka akan cenderung muncul rasa seperti brown sugar yang dominan. Namun jika tidak karakter rasa cokelat yang tebal akan muncul lebih pekat dibanding robusta loakal lainnya. 
 
3. Kopi Lanang Deles
 
Masih berasal dari kawasan yang sama, kali ini produk kopi khas Banyuwangi ada kopi lanang deles. Menurut cerita yang beredar, kopi lanang deles bermanfaat bagi vitalitas. Namun tidak diketahui benar atau tidaknya. 
 
Pada dasarnya kopi lanang deles dan kopi robusta sanggon berasal dari satu varian pohon yang sama. Namun biji kopi keduanya memiliki bentuk fisik yang berbeda setelah disortir. Jika, biji kopi robusta sanggon memiliki bentuk pipih, maka biji kopi lanang deles berbentuk bulat seperti kedelai. 
 
4. Kopi Lego
 
Produk kopi khas Banyuwangi selanjutnya ada Kopi Lego yang merupakan kependekan dari Kopi Lerek Gombengsari.
 
 
Kopi khas Banyuwangi yang satu ini dikembangkan oleh warga setempat guna meningkatkan perekonomian penduduk sekitar. 
 
Memiliki enam varian kopi mulai dari robusta, arabica, hingga house blend yang merupakan campuran dari kopi robusta dan arabica, masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda. Disini semua proses pengolahan hingga produksi kopi dilakukan sendiri. 
 
5. Kopi Jaran Goyang
 
Produk kopi khas Banyuwangi selanjutnya ada kopi Jaran Goyang yang berasal dari kawasan desa Kemiren, kecamatan Glagah. 
 
Mirip dengan ajian Jaran Goyang yang memikat orang, cita rasa khas kopi ini juga membuat orang sulit melupakannya loh. Dengan dua varian biji kopi robusta dan arabica yang diroasting secara tradisional menggunakan tungku kayu, kopi jarang goyang memiliki cita rasa yang unik dan khas.
 
 
6. Kopi Jukung
 
Produk kopi khas Banyuwangi yang terakhir ada Kopi Jukung yang diproduksi oleh murid tester dunia, Iwan Subekti. Dengan brand kopi Yhaiku, dalam bahasa Osing berarti sebuah pembenaran atau kesimpulan, kopi Jukung diroasting secara tradisional menggunakan tungku kayu dan wajan tanah liat. 
 
Bagi yang ingin menikmatinya, kopi Jukung memiliki enam varian cita rasa mulai dari kopi arabica, robusta, house bland, caramel, hingga nutty dan spicy. Cita rasa nutty seperti campuran dari hazelnut, mude, dan cokelat. Sedangkan spicy memiliki aroma rempah-rempah. Selain itu, tersedia juga varian kopi green bean dan kopi luwak.
 
Itu dia informasi mengenai produk kopi khas Banyuwangi yang wajib kamu incipi saat mengunjungi Banyuwangi.
 
Untuk informasi mengenai jasa trip murah di Banyuwangi dengan paket rute yang bisa kalian tentukan sendiri, dapat menghubungi (Satria 0856-0767-9172)***

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X