Hari Kemerdekaan Indonesia, EcoRanger Luncurkan Kegiatan Waste to Energy di Dusun Pancer Banyuwangi

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:31 WIB
Kegiatan Waste to Energy di Dusun Pancer, Banyuwangi yang di gelar EcoRanger dan Bank Mandiri
Kegiatan Waste to Energy di Dusun Pancer, Banyuwangi yang di gelar EcoRanger dan Bank Mandiri

Portal Banyuwangi - Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup, 60% dari timbulan sampah yang dihasilkan di Indonesia merupakan sampah organik.

Adapun sekitar 60% dari total sampah yang ada saat ini hanya berakhir sebagai timbunan sampah di TPA, bahkan 19,62% berserakan tak terkelola.

Artinya, setiap hari ada pertambahan sampah organik yang menumpuk di TPA. Dominasi sampah organik ini juga turut terjadi di Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah organik yaitu dengan melakukan berbagai teknik pengolahan sampah, salah satunya mengkonversi sampah organik menjadi energi.

Baca Juga: Menjawab Tantangan Sampah Laut, blubuatbaik Gelar Sosialisasi Praktik Pengelolaan Sampah Bersama EcoRanger

Greeneration Foundation melalui program EcoRanger mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Bank Mandiri dan menyelenggarakan peluncuran kegiatan Waste to Energy di Pendopo Konservasi Cemara Pancer sebagai salah satu rangka merayakan peringatan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Adapun kegiatan ini memiliki 2 tujuan utama, yakni:

Mensosialisasikan implementasi Pengelolaan Sampah di wilayah Dusun Pancer di Kota Banyuwangi, Indonesia, untuk meningkatkan pemanfaatan sampah organik menjadi Energi/ Waste to Energy (WtE), Mengembangkan program pengembangan masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya keberlanjutan penanganan sampah domestik di Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Peluncuran kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Saepul Hamdi, Head of Communication and Partnership Greeneration Foundation.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X