Wajib Dikunjungi! Desa Wisata Adat Osing Kemiren, Merasakan Kebudayaan Suku Osing Banyuwangi di Kampung Modern

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 23:00 WIB
Desa Wisata Adat Osing Kemiren (banyuwangikab.go.id)
Desa Wisata Adat Osing Kemiren (banyuwangikab.go.id)

Portal Banyuwangi - Ingin merasakan budaya Suku Osing Banyuwangi namun tetap merasakan kenyamanan dan akses internet yang memadai selama berada di kampung? Mungkin Desa Wisata Adat Osing Kemiren dapat menjadi destinasi wisata kamu berikutnya ketika ke Banyuwangi.

Terciptanya kampung modern ini tidak lepas dari pengembangan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, juga Kemenparekraf untuk meningkatkan ekonomi kreatif berbasis masyarakat, di Desa Wisata Adat Osing Kemiren.

Berlokasi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, dan memiliki luas 177,052 Ha dengan penduduk 2.569 jiwa, Desa yang berasal dari nama kemirian atau banyak pohon kemiri ini, merupakan bagian dari Kawasan Ijen Geopark sebagai situs budaya.

Di Desa Wisata Adat Osing Kemiren, pengunjung dapat mengenal budaya Suku Osing Banyuwangi melalui manuskrip, adat istiadat, Bahasa, kesenian, tradisi lisan, ritus, pengetahuan, teknologi dan permainan tradisional.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Destinasi Wisata Seru Di Banyuwangi, Cocok Untuk Melepas Lelah!

Wisatawan tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke Kemiren, karena tersedia homestay yang nyaman dengan arsitektur Suku Osing Banyuwangi yang khas.

Pada masa pandemik sekarang ini, pengunjung tidak perlu khawatir karena Desa Wisata Adat Osing Kemiren telah menerapkan protokol kesehatan yang sudah terverifikasi dari Kemenparekraf maupun dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Tidak hanya itu, pengunjung tidak perlu khawatir mengenai kebersihan karena hal tersebut merupakan hal yang diprioritaskan demi kenyamanan pengunjung. Toilet bersih sesuai standar tersebar di beberapa titik wisata.

Desa Wisata Adat Osing Kemiren juga mengikuti perkembangan zaman. Hal ini diwujudkan dengan menerapkan sistem digital di desa wisata. Seperti pengisian data pengunjung secara daring juga penayangan video promosi.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X