Viral di TikTok! Inilah 7 Foto Jadul Pribumi saat Penjajahan Belanda, Pekerjaan Mereka Dahulu Bikin Miris

- Minggu, 4 September 2022 | 23:00 WIB
Foto jadul pribumi mengasuh anjing saat penjajahan Belanda. (Tangkapan layar TikTok/ masyon_1991)
Foto jadul pribumi mengasuh anjing saat penjajahan Belanda. (Tangkapan layar TikTok/ masyon_1991)

Portal Banyuwangi - Keberadaan foto jadul pada masa penjajahan Belanda dapat menjadi saksi bisu bersejarah yang sering kali menceritakan kisah pilu, termasuk foto lawas pribumi. Saat itu, mereka dipekerjakan sebagai bawahan di negara sendiri.

Kumpulan foto jadul pada masa penjajahan Belanda banyak menggambarkan pekerjaan orang pribumi untuk warga negara asing tersebut. Pekerjaan mereka mayoritas adalah sebagai pekerja bawahan. 

Kini, foto jadul pada masa penjajahan Belanda menjadi kenangan. Bahkan, di negara Belanda saat ini, memiliki sebuah monumen yang dinamakan monument interaktif.

Pada monumen itu, ada nama-nama orang yang diperbudak pada masa kolonialisme di Tropenmuseum, Amsterdam. Di situ, ada lebih dari 200.000 nama serta kisah personalnya.

Baca Juga: Viral! Dugaan BBM Campur Air di Banyuwangi Buat Kendaraan Mogok, Polisi: Kita Akan Lakukan Penyelidikan

Lantas, pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh orang pribumi? Berikut 7 foto jadul pribumi di masa penjajahan Belanda yang dilansir Portal Banyuwangi dari akun TikTok @masyon_1991.

1. Foto Pribumi menjadi Pengasuh Anjing Warga Belanda

Terlihat seorang perempuan yang memakai kain tradisional memegang tali anjing hewan peliharaan seorang warga negara Belanda yang juga berada di foto dengan mengenakan dress.

2. Wanita Belanda Dibopong Beberapa Orang Pribumi

Halaman:

Editor: Nawang Sawitri

Sumber: TikTok/ masyon_1991

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X