Akhir Tahun 2021, DPC PDI Perjuangan Jember Berikan Catatan Kiritis Terhadap Bupati Jember Hendy Siswanto

- Jumat, 31 Desember 2021 | 17:26 WIB
Menjelang Akhir Tahun 2021, DPC PDI Perjuangan Jember Berikan Catatan Kiritis Terhadap Bupati Jember Hendy Siswanto
Menjelang Akhir Tahun 2021, DPC PDI Perjuangan Jember Berikan Catatan Kiritis Terhadap Bupati Jember Hendy Siswanto

Portal Banyuwangi - Sehari mejelang tahun 2022, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jember,  memberikan sejumlah catatan kritis terhadap kepemimpinan Bupati Jember Hendy Siswanto sepanjang tahun 2021.

Catatan kritis terhadap kepemimpinan Bupati Hendy Siswanto tersebut, disampaikan dalam konferensi pers yang digelar DPC PDI Perjuangan Jember, pada Jumat (31 Desember 2021).

Wakabid Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Jember Widarto, mengungkapkan setidaknya ada enam point krusial yang menjadi cacatan kritis partainya terhadap kepemimpinan Hendy sepanjang tahun 2021.

Pertama, Widarto menilai, proses perencanaan yang buruk dan konsolidasi birokrasi yang tidak baik menjadi penghambat penyerapan anggaran secara maksimal.

Baca Juga: Refleksi Akhir Tahun 2021, DPC PDI Perjuangan Jember Laporkan Kinerja Partai Kepada Rakyat

Baca Juga: Anggota DPR RI Sonny T Danaparamita Gelar Sosialisasi Peran CSR BUMN di Masyarakat

Hal ini menyebabkan kemungkinan sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) akan menumpuk. Jika pada 2020, silpa mencapai Rp 842,99 miliar, maka tahun ini PDI Perjuangan memperkirakan mencapai Rp 1 triliun lebih.

Catatan kritis kedua adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2025 yang tidak disahkan tepat waktu.

“Hal ini dikarenakan bupati terlambat menyerahkan rancangan awal RPJMD, dan mengakibatkan terlambatnya pembahasan tahapan RPJMD. Keterlambatan ini mengakibatkan kualitas RPJMD Kabupaten Jember ini patut dipertanyakan. Banyak ketidaksinkronan antara peta permasalahan dengan solusi dan program prioritasnya,” kata Widarto.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X