Anggota DPR RI Arif Wibowo Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Jember

- Kamis, 6 Januari 2022 | 11:15 WIB
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arif Wibowo
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arif Wibowo

Portal Banyuwangi - Pada Selasa Tanggal 16 Februari 2021 bertempat di salah satu gedung pertemuan di Jember, Arif Wibowo anggota DPR/MPR Republik Indonesia dari Dapil Jawa Timur Empat (Jember-Lumajang) menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

“Apa yang kami laksanakan saat ini merupakan tugas resmi saya sebagai anggota MPR. Semua anggota MPR mempunyai kewajiban untuk terus memberikan pemahaman soal Pancasila, utamanya dalam praktek, pemahaman soal Konstitusi, memperkuat NKRI dan menjaga Kebhinekaan," kata Arif.

Kegiatan ini melibatkan berbagai perwakilan kelompok masyarakat seperti; petani, pemuda, kader partai, dan perwakilan perempuan. Para peserta terlihat antusias dengan melontarkan berbagai pertanyaan dan masukan.

Beberapa diantara mereka mempertanyakan kenapa saat ini tidak ada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk anak sekolah. Padahal menurut mereka ini salah satu pelajaran penting agar generasi kita paham dan mau mengamalkan Pancasila sejak usia dini.

Meski acara ini merupakan acara formal, namun dikemas dengan banyak sekali dialog dua arah antara Anggota MPR RI Arif Wibowo dengan peserta sosialisasi yang dihadiri sekitar 150 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan.

Salah seorang peserta dari perwakilan pemuda (Juniansyah) juga mempertanyakan bagaimana negara menghadirkan keadilan sosial, sementara kesenjangan (gini rasio) masih tinggi di Indonesia, utamanya di Jember.

Sedangkan peserta yang merupakan perwakilan petani menyampaikan keluhannya soal sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Padahal pupuk merupakan salah satu sarana produksi yang sangat vital bagi petani. Jika ini terus dibiarkan, mereka takut akan menimbulkan rasa ketidakpercayaan kepada pemerintah.

Sementara itu, Arif Wibowo menjelaskan, bahwa pemerintah, terutama dalam pemerintahan Presiden Jokowi ini terus berusaha menekan gini rasio dengan menggelontorkan berbagai bantuan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X